Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel
Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel
Artikel Tutorial Ms. Excel,Tutorial Microsoft Excel - Tahukan anda tentang fungsi if dalam microsoft excel? Fungsi if digunakan untuk menentukan suatu keputusan atau pemilihan alternatif. Misalnya : untuk menghitung gaji karyawan, jika lama bekerja 4 tahun atau lebih, maka dia mendapat tunjangan 20% dari gaji semula. Maka dari itu kita perlu menambahkan fungsi if. Berikut adalah tutorial bagaimana cara penggunaan if dalam microsoft excel
Bentuk umum fungsi if yaitu :
= IF ( [syarat], (nilai benar), (nilai salah) )
Dimana :
syarat = kondisi yang diminta sebagai syarat
nilai benar = yang dilakukan bila syarat terpenuhi
nilai salah = yang dilakukan bila syarat tak terpenuhi
Contoh penulisannya :
keterangan :
Lama bekerja di letakkan pada cell C6, gaji di letakkan di cell D6 sehingga pada cell E6 bisa di tuliskan =IF( C6>=4,20%*D6,0 ).
Pada fungsi diatas, kondisi yang diminta yaitu C6>=4 artinya cell C6 harus memiliki nilai 4 atau lebih. Bila syarat terpenuhi maka cell D6 akan dikalikan 20%. Bila salah maka cell tempat penulisan rumus ini akan bernilai 0 (nol).
Catatan :
Didalam menentukan syarat dan nilai benar tidak harus menggunakan angka dan rumus, menggunakan kata-kata pun bisa:
untuk lebih jelas, bisa dipelajari disini.Download Soft: Tutorial Microsoft Excel 2007
Demikianlah Artikel Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel
Anda sedang membaca artikel Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel dan artikel ini url permalinknya adalah https://review-computer.blogspot.com/2009/02/fungsi-if-dalam-microsoft-office-excel.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel
Tag : Tutorial Ms. Excel,